semen mortar

Mengenal Lebih Jauh Semen Mortar, Dan Jenis-Jenis Semen Mortar Yang Dibutuhkan Untuk Pembangunan Rumah Tinggal

Mengenal Lebih Jauh Semen Mortar – Sekarang kita membahas apa itu mortar, Jenis – jenis mortar, perekat bata ringan, mortar untuk plesteran, mortar render, mortar acian bata ringan, mortar acian beton, mortar pasangan keramik, dan Daya Sebar mortar instan.

Semen Mortar atau biasa disebut semen instan atau mortar instan adalah bahan bangunan berbahan dasar semen semen, pasir, filler, dan additive khusus yang diformulasi khusus sesuai dengan fungsi dan kegunaan masing-masing jenis. Produk mortar bersifat instan atau siap pakai, penggunaannya tidak perlu lagi ditambahkan bahan material lain, cukup diaduk dengan air secukupnya dan langsung dipalikasikan. Semen instan atau semen mortar ini menjadi bahan bangunan alternatif pengganti adukan semen-pasir konvensional, yang memiliki banyak keunggulan yang lebih praktis, berkualitas, dan efisien.

Pemilik rumah tentu ingin rumah yang dibangun sebagus mungkin dan estetika bangunan dimenjadi perhatian utama. Potensi munculnya kegagalan mutu biasanya terjadi pada saat pemilihan kualitas pasir dan proses pengadukan oleh kenek atau tukang. Apabila mutu adukan bahan tidak bagus atau konsistesi adukan materialnya tidak terkontrol dengan baik, bisa jadi pada rumah tersebut nantinya akan muncul masalah-masalah seperti : gejala dinding retak rambut, dinding tidak rapi, plesteran dinding retak atau rapuh, rembesan air pada dinding, munculnya jamur, dan sebagainya. Dengan menggunakan semen mortar, pemilik rumah tak perlu khawatir lagi dengan masalah-masalah tersebut karena mutunya sudah terstandarisasi dari pabrik.

Berbeda hal nya dengan semen ppc atau ppc biasa, semen mortar didesain untuk fungsi dan kegunaan yang sifatnya spefisik, dimana spesifikasi bahan sudah disesuaikan dengan karakteristik pekerjaan.. Rata-rata jenis produk semen mortar formulasi untuk pekerjaan – pekerjaan finishing bangunan atau pekerjaan non-struktural. Untuk melihat apa saja keunggulan lainnya semen mortar bisa dibaca pada link ini

Jadi secara garis besar pemakaian semen mortar untuk pembangunan hunian paling tidak ada 2 aspek keunggulan yaitu. Secara teknis, kualitas bagunan yang dihasilkan lebih bagus, dan dari sisi ekonomis, pembangunan akan lebih praktis dan efisien.

Semen mortar sangat recomended untuk kebutuhan pembangunan rumah hunian tempat tinggal, karana memiliki banyak keunggulan. Jenis – jenis semen mortar yang umum beradar dipasar material bahan bangunan cukup bervariatif, seperti semen mortar untuk perekat pasangan bata ringan / hebel, mortar untuk plesteran dinding, mortar untuk acian plesteran, mortar untuk pasangan keramik, dan lain-lain.

  • Thinbed mortar : merupakan mortar perekat bata ringan / hebel. Tukang atau mandor bangunan sering menyebutnya dengan lem hebel atau lem perekat hebel karena saking tipis dan hematnya pemakaiannya. Daya sebar mortar instan ini lebih kurang sekitar 10 – 14 meter persegi dinding untuk kemasan @40kg
  • Plester siap pakai : adalah semen mortar plesteran dinding, bisa diaplikasikan untuk dinding bata ringan, bata merah, atau batako. Enaknya pake mortar ini karena tidak perlu repot tambah pasir lagi, praktis. Mortar plester yang bagus adalah yang memiliki komposisi dan konsistensi campuran yang homogen. Daya sebar sekitar 2.5 – 3 meter persegi untuk kemasan sak 50kg.
  • Mortar acian instan : merupakan mortar yang diformulasi khusus untuk menghaluskan permukaan dinding. Berbeda dengan semen biasa, mortar acian ini bersifat anti retak rambut dan warnanya cerah. Keuntungan jika sudah menggunakan acian adalah tak perlu lagi diplamir sehingga lebih hemat biaya.
  • Mortar perekat keramik : Pernah melihat lantai keramik terangkat atau terlepas dengan sendirinya..? itu namannya fenomena popping karena pengaruh cuaca dan deformasi material. Aplikasinya bisa sebagai perekat keramik dinding dan perekat keramik lantai. Mortar khusus pemasangan keramik ini diformulasi agar keramik merekat kuat dan tak mudah terlepas dari dasar (popping).

Masih banyak lagi, jenis – jenis semen mortar yang lain yang belum dibahas dalam tulisan ini. Selain itu juga ada mortar untuk aplikasi khusus (specialty product), misalnya mortar perekat keramik diatas keramik, mortar pasangan keramik kolam, mortar anti bocor (water proofing), mortar untuk perata lantai (floor screeding), dan lain-lain.

Dari beberapa jenis yanng disebutkan diatas, komposisi dan formulasi mix design nya berbeda-beda. Misalnya semen mortar untuk plester spesifikasinya berbeda dengan semen mortar untuk pasangan hebel, hal ini karena setiap jenis pekerjaan-pekerjaan tersebut juga memiliki karakter secara teknis yg berbeda-beda. Tukang atau aplikator pemula sering salah faham tentang hal ini, aplikasi tidak sesuai dengan spek pekerjaan. Oleh karena itu keunggulan semen mortar itu utamanya karna formulasi nya yang sudah di-customize sehinggal lebih tepat guna tepat mutu.

Apabila Pembaca membutuhkan referensi supplier semen instan di jakarta dan sekitarnya atau Bandung silakan klik www.supermix.co.id

Tags: , , , , , , , , , ,